Genre Text

Sedikitnya teks dapat dibedakan menjadi enam jenis, yaitu:

1. NARRATIVE

Teks narrative adalah teks yang berisi tentang cerita hayalan, dongeng, ataupun kisah nyata yang telah dilebih-lebihkan. Biasanya ada nilai moral yang bisa dipetik di akhir cerita. Teks narrative merupakan penceritaan suatu kejadian secara runtut sesuai urutan waktu. Teks narrative sendiri dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu narrative eksposisi, narrative rtistik, dan narrative sugestif. Narrative eksposisi merupakan karangan yang bertujuan menggugah pikiran pembaca untuk mengetahui apa yang dikisahkan. Narrative artistik adalah narasi yang berusaha untuk memberikan suatu maksud tertentu, menyampaikan suatu amanat terselubung kepada para pembaca atau pendengar sehingga tampak seolah-olah melihat. Ketentuan ini berkaitan dengan penggunaan bahasa yang logis, berdasarkan fakta yang ada, tidak memasukan unsur sugestif atau bersifat objektif. Sedangkan narrative sugestif adalah karangan narasi yang berusaha memberikan makna pada peristiwa atau kejadian itu sebagai pengalaman atau lebih menggunakan bahasa konotatif untuk memberikan kesan imajinasi. Contoh narrative text bisa berupa cerita rakyat, cerita binatang, legenda, mitos, cerita pendek, komik, cerita kartun, dan lain-lain. Tujuan dari narrative text adalah untuk menghibur pembaca.

Struktur dari narrative text umumnya ada 3 yaitu sebagai berikut.

1)      Orientation: berisi pengenalan tokoh, tempat, dan waktu. Orientation berada di awal cerita.

2)      Complication: sebuah masalah yang diangkat yang diikuti oleh masalah-masalah lain. Complication berada di pertengahan cerita.

3)      Resolution: solusi/pemecahan dari masalah. Solusi berada di akhir cerita.

Struktur di atas merupakan struktur dasar dari teks narrative yang umumnya di pakai. Serdangkan bentuk atau struktur yang lainnya bisa berbentuk:
1)      Orientation
2)      Complication
3)      Evaluation:
4)      Resolution atau juga biasa disebut solution
5)      Reorientation: penutup dari cerita
6)      Coda: perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang bisa dipetik dari cerita.
Teks narrative menggunakan PAST TENSE.

2. DESKRIPTIF

Teks deskriptif adalah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri. Teks deskriptif merupakan teks yang bertujuan untuk menjelaskan sebuah objek secara terperinci tanpa adanya pengaruh pendapat pendapat pengarang di dalam deskripsi tersebut. Contohnya menjelaskan  seseorang, binatang, tumbuhan, suatu benda, suatu tempat.

Struktur dari teks descriptive, yaitu:

1)      Identification: Memperkenalkan seseorang, binatang, tumbuhan, benda, atau tempat yang akan dideskripsikan.
2)      Description: Berisi keterangan dari ciri-ciri fisik, kepribadian sesuatu/ seseorang yang dideskripsikan.

3. PROSEDUR

Procedure text merupakan teks yang berisi serangkaian instruksi atau petunjuk untuk membantu kita melakukan sesuatu. Tujuan procedure text adalah memberitahu pembaca cara melakukan/ membuat sesuatu. Informasi disajikan dengan urutan peristiwa yang logis. Peristiwa tersebut biasanya dibagi menjadi beberapa langkah-langkah terpisah. Teks ini biasanya ditulis menggunakan present tense. Contoh paling umum procedure text adalah resep masakan.

Struktur procedure text, yaitu:
1)      Goal: tujuan.
2)      Materials: bahan-bahan, alat, perlengkapan/peralatan.
3)      Steps: langkah-langkah untu menjapai tujuan dari teks procedure.

4. RECOUNT

Recount merupakan jenis teks yang melaporkan peristiwa, kejadian, atau kegiatan yang menimpa seseorang, atau berupa pengalaman seseorang. Tujuan dari recount dalah untuk menceritakan apa yang terjadi pada masa lampau  sesuai dengan urutan waktu.

Struktur teks recount terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  1. Orientation : yaitu informasi pembuka yang menceritakan siapa saja yang terlibat dalam teks, apa yang terjadi, dimana lokasi peristiwa, serta kapan terjadinya peristiwa.
  2. Events : yaitu urutan kejadian cerita yang ditulis secara kronologis.
  3. Reorientation : yaitu berisi akhir penutup cerita.

5. REPORT

Report adalah sebuah teks yang menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya. Teks ini adalah sebagai hasil dari observasi dan analisa secara sistematis. Report juga disebut sebagai laporan hasil pengamatan. Report mendeskripsikan atau memberi informasi tentang sesuatu berdasarkan fakta, hal ini bebeda dengan teks deskripsi yang biasanya berisi pandangan/opini si penulis. Report mendeskripsikan sesuatu secara umum, sementara teks deskriptif mendeskripsikan sesuatu secara khusus. Intinya, dalam report text itu biasanya berisi dengan fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah.

Struktur dari teks report, yaitu:

  1. General Clasification; Pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasinya. 
  2. Description: Pada bagian ini biasanya memberikan gambaran fenomena-fenomena yang terjadi; baik bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, kebiasaannya, ataupun tingkah lakunya. Intinya adalah penjabaran dari klasifikasi yang disajikan dengan ilmiah.

6. ANEKDOT

Anekdot adalah sebuah teks yang berisi pengalaman seseorang yang tidak biasa. Pengalaman yang tidak biasa tersebut disampaikan kepada orang lain dengan tujuan untuk menghibur si pembaca.Struktur dari teks anekdot, yaitu:

  1. Abstract: bagian di awal paragraf yang berfungsi memberi gambaran tentang isi teks. Biasanya bagian ini menunjukkan hal unik yang akan ada di dalam teks.
  2. Orientation: bagian yang menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi. Biasanya penulis bercerita dengan detil di bagian ini.
  3. Crisis: bagian dimana terjadi hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada si penulis atau orang yang diceritakan.
  4. Reaction: bagian bagaimana cara penulis atau orang yang ditulis menyelesaikan masalah yang timbul di bagian crisis tadi.
  5. Coda: bagian akhir dari cerita unik tersebut. Bisa juga dengan memberi kesimpulan tentang kejadian yang dialami penulis atau orang yang ditulis.

Posted on 30 Desember 2012, in Tugas Kampus and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: