Internal Language Environment

Penguasaan bahasa oleh individu dapat dibedakan oleh dua pandangan.

1. Bahasa dikuasai oleh individu melalui serangkaian kegiatan belajar (learning).

Belajar adalah rangkaian kegiatan yang disadari, dikondisikan, dan dibatasi sehingga dicapai suatu kompetensi atau kemampuan tertentu.

Dalam hal ini individu diharapkan mampu untuk menguasai suatu bahasa.

2. Penguasaan bahasa melalui pemerolehan (acquistion).

Acquistion adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan secara spontanitas, kegiatan yang tidak dikondisikan dan tidak dibatasi untuk mencapai suatu kompetensi tertentu dalam hal ini penguasaan bahasa oleh individu.

Dapat disimpulkan pembelajaran bahasa adalah perpaduan antara learning dan acquistion.

Bahasa diperoleh saat individu masih dalam kandungan, saat dilahirkan, dan setelah dilahirkan.

Tidak ada keberhasilan penguasaan bahasa individu tanpa didukung oleh lingkungan bahasa.

Lingkungan bahasa adalah sesuatu atau segala sesuatu yang didengar, dilihat, dirasakan, dan dipikirkan oleh individu dalam atau mealui bahasa.

Internal language learning adalah sebuah kegiatan dalam language environment dan dalam prosesnya terdapat filter, organizer, dan monitor yang dipengaruhi oleh age, personality, dan first language untuk membentuk verbal performance.

Age adalah ukuran, perkiraan, dugaan, perihal, keadaan atau kondisiindividu berdasarkan kriteria atau batasan tertentu. Age dapat dibedakan, antara lain:

1)      Usia berdasarkan ukuran waktu

2)      Usia berdasarkan mental (kondisi jiwa individu)

3)      Usia berdasarkan kematangan biologi

4)      Usia berdasarkan sosial (keadaan lingkungan masyarakat)

5)      Usia berdasarkan tingkat pendidikan

6)      Usia berdasarkan kedewasaan dalam agama

Personality adalah penanda atau ciri khas milik individu untuk membandingkan dengan individu lain dan bersifat relatif permanen, yaitu dapat berubah tetapi dengan jangka waktu yang lambat.

Filter adalah kondisi jiwa individu atau keadaan untuk memilih dan memilah data dan informasi lingkungan bahasa.

Organizer adalah kondisi jiwa individu atau keadaan untuk menata dan menyusun data dan informasi lingkungan bahasa.

Monitor adalah adalah kondisi jiwa individu atau keadaan untuk memantau dan mengendalikan  data dan informasi yang masuk.

Posted on 29 November 2012, in Tugas Kampus and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. dahsyatttttttttttttttttttttttttttttttt………………..Mr.Dian is the bes’t for us….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: