Skenario Pembelajaran

SKENARIO PEMBELAJARAN

Kelas                                            : IV (Empat)

Semester                                    : II (Dua)

Mata Pelajaran                        : IPA

Kompetensi Mata Pelajaran

Karya dengan Menerapkan Konsep Perubahan Energi

Kompetensi Dasar                   :

  • Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak

Standar Kompetensi               :

  • Menerapkan konsep energi gerak

Indikator                                 :

  • Menentukan karya/model yang akan dibuat
  • Merancang sustu karya/model
  • Membuat model sesuai rancangan
  • Menguji cara kerja karya/model yang dibuat

Model Pembelajaran               :

Problem Based Introduction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah)

Metode Pembelajaran             : Inkuiri, Praktikum (praktik), Demonstrasi

NO

TAHAP SIKLUS BELAJAR

AKTIVITAS PEMBELAJARAN

KEGIATAN GURU

KEGIATAN SISIWA

1 Eksplorasi 
  • Membagi kelas kedalam 5 (lima) kelompok heterogen (tiap kelompok membuat satu karya/model yang berbeda)
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran mengenai materi konsep energi gerak
  • Menjelaskan logistik yang dibutuhkan
  • Menugaskan kepada siswa untuk pergi ke perpustakaan untuk mencari informasi lain mengenai karya/model apa yang akan dibuat
  • Memotivasi siswa untuk membuat karya/model terbaik
  • Memantau jalannya pencarian informasi
  • Membantu siswa menentukan rancangan yang akan dibuat
  • Membantu siswa merancang suatu karya
    • Membuat kelompok beranggotakan 5 (lima) orang
    • Membawa logistik yang telah ditugaskan guru
    • Ketua kelompok membagi tugas kepada anggota kelompoknya untuk mencari informasi yang menunjukkan anergi angin dapatberubah menjadi energi gerak
    • Mencari informasi ke perpustakaan mengenai apa yang akan dibuat sebagai karya/model yang menunjukkan bentuk enrgi angin dapat berubah menjadi energi gerak
    • Bersama kelompoknya menentukan suatu karya/model yang akan dibuat
    • Bersama kelompoknya merancang suatu karya/model
    • Bersama kelompoknya membuat karya/model sesuai rancangan
2 Elaborasi
  • Menjelaskan perubahan energi angin berubah menjadi energi gerak
  • Menjelaskan hubungan karya/model yang dibuat dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari
  • Menjelaskan cara kerja karya/model yang dibuat
  • Menjelaskan model perubahan gerak akibat pengaruh udara
  • Menanggapi hasil karya/model yang dibuat masing-masing kelompok
  • Menanggapi alasan masing-masing kelompok memilih suatu karya/model
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menyampaikan gagasannya yang ditemukan ketika pembuatan karya/model berlangsung
  • Memberikan kesimpulan terhadap karya/model yang dibuat

 

  • Mengungkapkan gagasan yang telah diketahui sebelumnya
  • Mengungkapkan gagasannya tentang konsep yang ditemukan setelah membuat suatu karya/model
  • Perwakilan kelompok (ketua kelompok) menunjukkan hasil karya/model yang dibuatnya
  • Menanggapi hasil karya/model yang dibuat kelompok lain
  • Menyampaikan kesimpulan terhadap hasil karya/model yang telah dibuat dengan bahasa sendiri
  • Membuat kesimpulan dari hasil karya/model kelompok lain dan melaporkannya kepada guru
3 Evaluasi
  • Memberi lembar evaluasi
  • Penutup
    • Mengerjakan lembar evaluasi
  • Melakukan penilaian dari evaluasi yang telah dilakukan

Posted on 17 Oktober 2011, in Tugas Kampus and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: