Model Pembelajaran Talking Stick

SKENARIO PEMBELAJARAN

 

Kelas                                                  : IV (Empat)

Semester                                          : I (Satu)

Mata Pelajaran                              : Bahasa Inggris

Kompetensi Mata Pelajaran    : Lingkungan Rumah

Kompetensi Dasar

  • Membaca nyaring menyebutkan nama-nama benda yang ada didalam rumah dengan lafal dan intonasi yang jelas

Standar Kompetensi

  • Dapat menyebutkan nama-nama benda yang ada didalam rumah

Indikator

  • Siswa menemukan kosakata baru yaitu nama-nama benda yang terdapat didalam rumah
  • Siswa dapat menybutkan kosakata dengan lafal dan intonasi yang jelas
  • Siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

Model Pembelajaran               : Talking Stick

Metode Pembelajaran             : Speaking

NO

TAHAP SIKLUS BELAJAR

AKTIVITAS PEMBELAJARAN

KEGIATAN GURU

KEGIATAN SISIWA

1 Eksplorasi 
  • Menyiapkan sebuah tongkat dengan panjang 20cm untuk diestafetkan kepada setiap siswa
  • Memberikan buku kamus bergambar kepada tiap siswa
  • Mengucapkan nama-nama benda yang terdapat didalam rumah

 

  • Membuka buku kamus bergambar atas perintah guru sesuai materi yang akan dipelajari
  • Membaca nama-nama benda yang terdapat didalam rumah yang tertera didalam buku kamus bergambar
  • Menirukan percakapan/ucapan yang diucapkan guru
  • Menghafal nama-nama benda yang terdapat didalam rumah
  • Menyanyikan lagu yang bertemakan lingkungan rumah
2 Elaborasi
  • Menjelaskan nama-nama benda yang terdapat didalam rumah
  • Menjelaskan kegunaan benda-benda tersebut
  • Mengucapkan benda-benda tersebut dengan menggunakan bahasa inggris dengan lafal dan intonasi yang jelas
  • Menanggapi percakapan siswa mengenai materi benda-benda yang terdapat didalam rumah
  • Mengucapkan nama-nama benda yang terdapat didalam rumah dengan lafal dan intonasi yang jelas
  • Menunjuk gambar benda-benda yang terdapat didalam rumah dengan menggunakan bahasa inggris dengan bahasa nyaring, lafal dan intonasi yang jelas
3 Aplikasi dan Evaluasi
  • Menugaskan kepada siswa untuk menyanyikan lagu yang bertemakan lingkungan rumah (sambil bernyanyi bertemakan lingkungan rumah siswa mengestafetkan tongkat)
  • Memberikan sebuah tongkat kepada siswa yang ditunjuk
  • Memberikan pertanyaan sesuai gambar-gambar/benda-benda yang terdapat didalam rumah
  • Mengarahkan pertanyaan dengan gambar agar siswadapat menjawab pertanyaan sesuai yang diharapkan
  • Memberikan kesimpulan
  • Memberikan lembar evaluasi matching (menjodohkan) kepada siswa
  • Penutup
  • Menerima tongkat kemudian menjawab pertanyaan dari guru mengenai benda-benda yang terdapat didalam rumah sesuai gambar yang ditunjukkan oleh guru
  • Memberikan tongkat pada siswa lain setelah menjawab pertanyaan
  • (Terus dilakukan sampai sebagian besar siswa menerima tongkat dan menjawab pertanyaan dari guru)
  • Mengerjakan lembar evaluasi

Posted on 17 Oktober 2011, in Tugas Kampus and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: