LISTENING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

LISTENING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

Oleh Yani Yuliani Yusoep

S1 PGSD UPI Kampus Tasikmalaya (0903628)

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran bahasa Inggris, sebagai bahasa Internasional telah tak tersaingi oleh bahasa-bahasa asing lainnya. Status bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional hari ini, tentunya tidak terlepas dari fakta, bahwa Inggris sebagai sebuah negara dahulunya adalah sebuah negara adi daya dengan wilayah jajahan yang sangat luas di dunia. Dengan alasan itulah yang melatarbelakangi penggunaan bahasa Inggris di dunia. Di dukung dengan Amerika, sebuah negara yang super power saat ini, menambah tingkatnya peran bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional.

Mempelajari bahasa Inggris minimal harus menguasai empat aspek berbahasa dalam bahasa Inggris. Yaitu listening, speaking, writing, dan reading. Empat aspek bahasa itu sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Semua aspek tersebut diperoleh jika kita mempelajarinya, namun tidak menutup kemungkinan aspek-aspek tersebut diperoleh secara genetik atau diwariskan secara hereditas.

Tujuan utama dari tulisan ini adalah membicarakan peran listening dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Titik tekan dari tulisan ini lebih pada bagaimana meningkatkan kemampuan listening tanpa dipelajari dan diperoleh melalui interaksi sosial.

Untuk mempelajari listening, kita tidak hanya harus berinteraksi sosial, tetapi juga dapat diperoleh dan dipelajari sendiri (otodidak). Sebagai contoh, mempelajari listening menggunakan media seperti film dan musik, tentunya dengan mengunakan bahasa Inggris. Mempelajari listening dengan cara diatas akan berdampak positif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa. Contoh, dengan menyimak film-film berbahasa Inggris, sebaiknya subtittle pada layar dihilangkan. Dapat pula dipelajari dengan melihat gerakan mulutnya. Hal ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan pronounciation (cara pengucapan dalam berbahasa Inggris). Selain menggunakan film sebagai media untuk mempelajari listening, dapat pula menggunakan musik, yaitu dengan lagu yang menggunakan bahasa Inggris. Dengan syarat pemilihan lagunya harus dengan pronounciation yang  jelas.

Caranya mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Mendengarkan saja. Lakukan hal tersebut beberapa kali untuk membiasakan telinga dengan pengucapan bahasa Inggris
  2. Saatnya menyimak. Bawa catatan kecil, dengarkan lagunya dengan seksama, kemudian catat beberapa kata yang tidak diketahui
  3. Cari kata tersebut di dalam kamus. Yang perlu diperhatikan adalah arti satu kata adalah tergantung dari konteks kalimatnya
  4. Tulis semua lirik tersebut secara utuh, kemudian artikan secara keseluruhan, dan selanjutnya cocokkan dengan lirik aslinya

Sebagaimana yang telah dikatakan sebelumnya, tulisan ini berkaitan dengan bagaimana mempelajari listening yang merupakan salah satu aspek dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, beberapa hal yang perlu dicermati adalah dampak dari mempelajari listening terhadap kemampuan berbahasa Inggris.
Dampak positif mempelajari listening dengan menggunakan media sebagai penunjang, yaitu meningkatnya kemampuan pronounciation, bertambahnya vocabulary dalam memori kita, dan dapat mengartikan secara keseluruhan kalimat-kalimat yang menggunakan bahasa Inggris.

Posted on 7 Oktober 2011, in Tugas Kampus and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. goood job,. beibh…

  2. padahal ke EIC,.supaya liat blog nay aja,.hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: